Posted by : gudang Doa Minggu, 13 Januari 2013

Shalat Tahajud
Shalat Tahajud
Shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam kata "tahajjud", yaitu "bangun dari tidur". Jadi syarat untuk melaksanakanshalat tahajud adalah "telah tidur sebelumnya", walau sebentar.

Hukum shalat tahajud adalah sunat mu'akkad, yaitu sangat dianjurkan, sebab menurut hadits nabi, shalat yang paling utama dikerjakan setelah shalat fardhu adalah shalat tahajud.

Jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat, dan maksimal tidak terbatas.

Jadi shalat tahajud boleh dikerjakan berapa saja, sekuatnya. Rasulullah saw pernah mengerjakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, dan 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. Jadi dalam melaksanakan shalat tahajud sebaiknya ditambah dengan shalat sunat witir.

Shalat tahajud ini hendaknya dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat (2 rakaat salam). Sedangkan shalat sunat witirnya, jika dikerjakan lebih dari satu rakaat, misalnya 3 rakaat,boleh dikerjakan sekaligus dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dahulu, kemudian 1 rakaat sisanya.

Adapun waktu pelaksanaan shalat tahajud adalah setelah bangun dari tidur dan setelah shalat isya, baik di awal malam (sepertiga malam pertama antara waktu Isya dan pukul 22.00 WIB), tengah malam (sepertiga malam kedua, antara pukul 22.00 dan pukul 01.0.0 WIB), maupun akhir malam (sepertiga malam yang terakhir, antara pukul 01.00 dan menjelang subuh). Sepertiga malam yang terakhir inilah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahajud. Karena menurut hadits nabi, pada waktu itu rahmat Allah turun, sehingga barang siapa berdoa akan dikabulkan, barang siapa meminta akan diberikan, dan barang siapa memohon ampun akan diampuni oleh Allah.

Cara pelaksanaan shalat tahajud sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu, baik gerakan maupun bacaannya. Perbedaannya hanyalah pada niat.


Untuk niat hendaknya dimantabkan dalam hati dan tidak perlu dilafalkan. Karena Allah Maha tahu apa yang ada didalam hati hambanya. Namun, jika anda merasa lebih nyaman dan tenang dengan melafalkannya pun tidak mengapa sepanjang kita benar-benar berniat beribadah ikhlas karena Allah Subhanahu Wata'ala (Wallahu A'lam bisshowaab). sedangkan untuk lafadznya anda bisa browsing sendiri.

Cat : Rasululloh saw tidak melafalkan niat, ada baiknya sebagai umatnya, kita mencontoh apa yang diajarkan  Beliau.

Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud, dilanjutkan dengan shalat sunat witir.

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa berikut, yaitu:
Shalat Tahajud
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA'DUKAL HAQQU, WA LIQAA'UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA'ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA 'ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A'LANTU, WA MAA ANTA A'LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU'AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAR

Artinya:

"Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

(Dalam membaca doa di atas, dan doa-doa lainnya, sebaiknya diawali dengan membaca "hamdalah" dan "shalawat kepada Nabi Muhammad", serta diakhiri dengan "hamdalah" pula, seperti doa setelah shalat Fardhu).

Setelah selesai membaca doa, hendaklah dilanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya. Istighfar yang dibaca adalah:
Shalat Tahajud
ASTAGHFIRULLAAHALA AZHIIM. ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBUILAIH.

Artinya:

"Akumemohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung,yang tak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya"

Atau boleh pula dibaca istighfar berikut:
Shalat Tahajud
ALLAAHUMMA ANTA RABBII LAA ILAAHATLAA ANTA, KHALAQTANII WA ANA 'ABDUKA, WA ANA 'ALAA AHDIKA WA WA'DIKA MASTATHA'TU. A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHANATU, ABUU'U LAKA BINI'MA-TIKA 'ALAYYA WA ABUU'U BIDZANBII, FAGHHRLII, FA INNAHUU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUB AILLAA ANTA.

Artinya:

"Wahai Allah! Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku pun berada dalam janji-Mu, menurut kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa saja yang telah kulakukan. Kuakui kepada-Mu nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan kuakui dosaku. Karena itu ampunilah aku, karena tak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau"

{ 31 komentar... read them below or Comment }

  1. Assalamu'alaikum, informasi yang sangat berguna sekali bagi saya demi menambah pengetahuan di bidnag shalat tahajud,,
    salam ukhuwah!

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, akhirnya saya mendapat doa tahajud dengan lengkap dan bacaan latin dari surat tersebut.

    Smoga amal ibadah anda diberi imbalan dari Allah SWT.
    Amin.

    BalasHapus
  3. alhamdulillah...terimakasih banyak...semoga amal ibadah anda mengalir terus...

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah....semoga dgn doa ni...saya mendapatkan berkahh dari allah...


    Makasihh atas...bacaannya

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum wr.wb
    saya mau bertanya: saya belum hafal dengan doa setelah shalat tahajjud? apakah boleh mengganti dengan doa lain. . .
    Terima kasih

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah... Anda sudah berniat untuk sholat tahajud saja sudah baik, apalagi mengerjakannya.. Insya Allah dengan doa lain pun bisa intinya kita beribadah untuk Allah, sambil kita terus dan trus belajar,, Amin

    BalasHapus
  7. Dalam salah satu doa shalat tahajjud ada yang membuat saya ragu " engkaulah cahaya langit" padahal cahaya itu ciptaan Allah dan tak pantas disamakan DHL sangat penciptanya. .. kemudian "engkaulah paling awal dan paling akhir" berarti tuhan itu ada Tgita membuat dan akan punah.. . Sedang saya lebih cenderung mengganti dengan "engkaulah dzat uang tiada awal dan tiada pula akhir" dan u yang pertama saya lebih cenderung. "Engkaulah pemilik langit dan bumi beserta isinya" demikian mohon dimaafkan kekurangan saya.. namun itulah yang saya yakini dan saya imani.. salam
    Denmas budhi

    BalasHapus
  8. Apakah dalam salat tahajud kita harus membaca doa iftitah ? Dan apakah kita harus berdoa ?

    BalasHapus
  9. pelaksanaan sholat tahajud sama halnya dengan sholat fardhu biasa
    jadi membaca doa iftitah dianjurkan namun tidak diwajibkan, sedangkan doanya dianjurkan seperti itu, namun bisa diganti dengan doa yang anda bisa walaupun kita tetap diwajibkan belajar dan belajar.. Wallahu 'alam,,...semoga bisa membantu...

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum..
    Terimah Kasih Atas Info Di Atas Bang Sangat Membantu,Saya Dapat Melaksanakan Sholat Tahajud Dengan Benar.. (y)

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum.wr.wb ,sya udah kurang lancar baca al-qur'an,apakah boleh yang sya baca arti dari ayat tersebut ?

    BalasHapus
  12. Waalaikum salam Wr.Wb,
    Do'a dalam bahasa arab sangat utama dan sangat dianjurkan dalam islam, namun jika anda belum hafal dngan doa dalam bahasa arab, anda bisa berdoa dengan menggunakan bahasa indonesia (tidak harus arti dalam doa tersebut) tentu saja dengan santun, mengharap dikabulkan, lirih dan sepenuh hati disertai kesabaran. Karena dengan berdoa kita mengagungkan Allah dan menyadari betapa kecilnya kita dihadapanNya.. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui isi hati para hambaNya, Wallahu 'alam,
    semoga membantu..

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat bagi orang seperti saya, terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  14. makasih atas postingannya sangat membantu

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum sy mau nanya d bulan puasa ini kalau qt melaksanakan shalat tahajud apa harus d akhiri shalat witir kembali,maksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika sudah shalat witir setelah tarawih sebaiknya anda tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat tahajud.. Wallahu a'lam bisshowab

      Hapus
  16. Trimakasih atas positingan nya ini sangat bermanpaat.....

    BalasHapus
  17. Apakah Bacaan diatas harus dan wajib ya gan?? Gimana kalo gak di hafal,,
    Balas ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga hafal di baca aja jua gpp mas bro..

      Hapus
  18. makasih ya mas bro..
    sangat bermanfaat banget..

    BalasHapus
  19. Insya Allah shalat tahajud akan slalu kukerjakan

    BalasHapus
  20. Sangat membantu
    Amien subhanallah

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat dan mudah sekali..Alhamdulillah

    BalasHapus
  22. Mau tanya. Kalo shalat tahajud itu harus wajib baca doa tahajud ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. doanya tidak wajib namun sangat dianjurkan.. jika anda ndak bisa doanya bisa dengan doa yang anda bisa tentu dengan terus belajar doa yang sudah dianjurkan..

      Hapus
  23. aq baru mendalami Islam, untuk shalat Tahajjud 2 rakaat salam gmana maksudnya:? contoh mau ngerjakan tahajjud 5 rakaat. itu 2 rakaat diakhiri ass.wr.wb (toleh kanan-kiri),->Trus tegak berdiri Menjalankan 2 rakaat berikutnya(sperti 2rakaat sbelumnya) TRus d akhiri shalat Witir. Mohon dibantu Untuk pecerahanya UStadz/(ada yg online dan tau bisa dberi pencerahan. sbelumnya terimah kasih. Ustadz

    BalasHapus
  24. Terima kasih sodaraku, sy jika berdo'a bisa khusuk dalam sholat tahajjud ini...

    BalasHapus
  25. Membaca tasbih setelah tahjjud wajib atau sunah ,

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Translate

Stats

Site Info

- Copyright © Gudang Doa -City of Temayank- Powered by Islam - Managed by Ottonk Ramadhan -